logo Kompas.id
Politik & HukumKemajemukan Kunci Kemajuan

Kemajemukan Kunci Kemajuan

Kemajemukan di Indonesia adalah anugerah dan keniscayaan. Lebih dari itu, kemajemukan menjadi modal untuk kemajuan bangsa. Untuk itu, keterbukaan masyarakat dan toleransi perlu dibangun dan terus diperkuat.

Oleh NINA SUSILO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Peserta kegiatan Internalisasi Nilai Kebangsaan (Inti Bangsa) 2019 di Ambon, Maluku, Senin (16/9/2019). Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk nilai kebangsaan melalui pelajaran sejarah.

JAKARTA, KOMPAS — Kemajemukan di Indonesia adalah anugerah dan keniscayaan. Lebih dari itu, kemajemukan menjadi modal untuk kemajuan bangsa. Untuk itu, keterbukaan masyarakat dan toleransi perlu dibangun dan terus diperkuat.

Presiden Joko Widodo menilai masyarakat dunia akan semakin majemuk akibat perkembangan zaman yang tak bisa dihindari. Kemajuan infrastruktur dan membaiknya konektivitas mempermudah hal itu. ”Kemajemukan membuat kita semakin kaya dalam berimajinasi dan semakin dewasa. Tak hanya itu, kemajemukan akan menjadi bagian tak terpisahkan dari kemajuan ekonomi,” tutur Presiden dalam pembukaan Forum Titik Temu Kerja Sama Multikultural untuk Persatuan dan Keadilan, di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Editor:
Bagikan
Memuat data..