logo Kompas.id
Politik & HukumIndonesia Perlu Bertransformasi ke Perekonomian Berbasis Pengetahuan dan Teknologi

Indonesia Perlu Bertransformasi ke Perekonomian Berbasis Pengetahuan dan Teknologi

Transformasi perekonomian Indonesia dari berbasis ekstraktif, pertanian tradisional, dan manufaktur konvensional menuju ekonomi berbasis pengetahuan dan teknologi mendesak dilakukan.

Oleh INSAN ALFAJRI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/INSAN ALFAJRI

Aliansi Kebangsaan bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia mengadakan diskusi bertajuk ”Pembangunan Ranah Material-Teknologikal”, Jumat (13/9/2019). Diskusi ini merupakan rangkaian dari diskusi berseri dengan tema ”Mengukuhkan Kebangsaan yang Berperadaban Menuju Cita-cita Nasional dengan Paradigma Pancasila”.

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia perlu bertransformasi ke perekonomian berbasis pengetahuan dan teknologi. Untuk mewujudkan itu, riset akademik harus sejalan dengan kebutuhan dunia industri yang kemudian menciptakan pasar baru.

Hal itu mengemuka dalam diskusi bertajuk ”Pembangunan Ranah Material-Teknologikal” yang digagas Aliansi Kebangsaan bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia di Jakarta, Jumat (13/9/2019). Diskusi dihadiri Ketua Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo, Ketua Forum Rektor Indonesia Yos Johan Utama, anggota Forum Rektor Indonesia Asep Saefuddin, dan pengurus Aliansi Kebangsaan Yudi Latif. Selain itu, hadir pula delapan pembicara dari unsur akademisi dan industri.

Editor: Hamzirwan Hamid
Bagikan
Memuat data..