logo Kompas.id
NusantaraMemutar Roda Perubahan Desa

Memutar Roda Perubahan Desa

Desa memiliki potensi besar untuk berkembang lewat partisipasi dan kolaborasi warganya Tokoh muda desa telah hadir mengembangkan desa melalui gagasan dan karya nyata Munculnya tokoh muda desa berkarakter harus diregenerasi bukan hanya untuk menyemai harapan desa di masa depan melainkan juga seba

Oleh Eren Marsyukrilla dan Wirdatul Aini
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/SAMUEL OKTORA

Seorang pekerja menyortir cabai yang akan dikirim ke sejumlah daerah dan gudang perusahaan daring, Sayurbox, di sekretariat Gabungan Kelompok Tani Panggupay, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (19/8/2019).

Desa memiliki potensi besar untuk berkembang lewat partisipasi dan kolaborasi warganya. Tokoh muda desa telah hadir mengembangkan desa melalui gagasan dan karya nyata. Munculnya tokoh muda desa berkarakter harus diregenerasi, bukan hanya untuk menyemai harapan desa di masa depan, melainkan juga sebagai agen pemersatu bangsa.

Kaum muda merupakan kapital sosial paling tinggi nilainya. Barangkali betul yang dikatakan Presiden Soekarno, dengan 10 pemuda, maka beliau dapat mengguncang dunia. Kalimat dalam pidato puluhan tahun silam itu masih relevan untuk menggambarkan pentingnya posisi anak muda hingga sekarang.

Editor:
Bagikan
Memuat data..