logo Kompas.id
MetropolitanSosialisasi Program Jakarta Sewerage System hingga Akhir Tahun Ini

Sosialisasi Program Jakarta Sewerage System hingga Akhir Tahun Ini

JAKARTA KOMPASHingga 2022 rencananya bakal ada pembangunan infrastruktur sistem pengolahan air limbah domestik terpusat di lima zona di DKI yang merupakan bagian dari program Jakarta Sewerage System atau JSS Karena itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga akhir tahun ini terus menggelar so

Oleh J Galuh Bimantara
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/J GALUH BIMANTARA

Sosialisasi program Jakarta Sewerage System atau JSS di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (29/8/2019).

JSS merupakan program untuk mengatasi limbah di Jakarta. Konsepnya, membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) terpusat di setiap zona yang ditetapkan. Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 41 Tahun 2016 tentang Rencana Induk Pengembangan Prasarana dan Sarana Pengelolaan Air Limbah Domestik, terdapat 15 zona meliputi 14 zona baru dan satu zona eksisting, yaitu zona nol dengan IPAL di Waduk Setiabudi, Jakarta Selatan.

IPAL zona 1 berlokasi di kawasan Waduk Pluit, zona 2 di Muara Angke, zona 5 di kawasan Waduk Sunter Utara atau dikenal sebagai Waduk Cincin, dan zona 8 di kawasan Waduk Marunda,  yang semuanya di Jakarta Utara. Adapun IPAL zona 6 di kawasan Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) Duri Kosambi, Jakarta Barat.

Editor: Neli Triana
Bagikan
Memuat data..