logo Kompas.id
EkonomiPelaku Usaha Siap Berinvestasi di Ibu Kota Baru

Pelaku Usaha Siap Berinvestasi di Ibu Kota Baru

Pelaku usaha dan industri ingin berperan serta dalam proses pemindahan ibu kota. Mereka mempelajari cara investasi dalam proses kepindahan itu.

Oleh CAS/ARN/MED
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Tanah warga dijual di pinggir jalan Jalan Raya Samboja-Muara Jawa kawasan Desa Handil Baru, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (27/8/2019). Sejumlah lahan sudah dijual sebulan terakhir menyusul wacana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Samboja dan Muara Jawa merupakan dua kecamatan pesisir yang berdekatan dengan perbatasan antara Kabupaten Kutai Kartanagara dan Penajam Paser Utara sebagai lokasi ibu kota baru yang ditunjuk Presiden Joko Widodo.

JAKARTA, KOMPAS — Rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur disambut pelaku industri. Pengusaha juga berancang-ancang untuk berperan dalam proses tersebut.

Apalagi, dari biaya pemindahan ibu kota yang sebesar Rp 466 triliun itu, ada alokasi pembiayaan swasta sekitar 26,2 persen di antaranya. ”Kami akan mempelajari lebih dalam cara investasi atau aturan mainnya. Salah satunya, melakukan ruislag dengan beberapa gedung di Jakarta,” kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Editor:
Bagikan
Memuat data..