logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniTantangan Ekonomi Jokowi-Ma\'ruf Amin

Tantangan Ekonomi Jokowi-Ma\'ruf Amin

Oleh Paul Sutaryono
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Joko Widodo-Ma\'ruf Amin seusai pertemuan di Menteng, Jakarta, Kamis (27/6/2019). Seusai pertemuan, Joko Widodo sebagai Presiden berangkat ke Jepang untuk menghadiri pertemuan KTT G20. KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024 oleh KPU pada 30 Juni 2019. Kepastian politik itu amat penting untuk menyetrum pertumbuhan ekonomi nasional.  Apa saja tantangan ekonomi Jokowi-Amin  lima tahun mendatang? Pertama, perang dagang AS-China bukannya makin meredup tetapi justru makin membara meski kedua pihak sepakat duduk lagi di meja perundingan. Akibatnya, ekspor Indonesia ke AS dan China menjadi menipis.

Saatnya bagi Indonesia mencari negara ekspor tujuan lain selain kedua negara itu. Kedutaan RI di luar negeri bisa dimanfaatkan sebagai kepanjangan tangan pasar nasional untuk menembus pasar luar negeri. Kantor cabang bank nasional di luar negeri dapat dimanfaatkan menjadi agen perdagangan internasional. Itu upaya konkret mengingat  bank pemerintah punya ribuan bank koresponden luar negeri sebagai mitra bisnis.

Editor: yohaneskrisnawan
Bagikan
Memuat data..