logo Kompas.id
NusantaraKondisi Jalan Menuju ”Rumah” Hobbit Rusak Berat

Kondisi Jalan Menuju ”Rumah” Hobbit Rusak Berat

Akses jalan ke situs penemuan manusia purba ”Homo floresiensis” atau kerap disebut ”hobbit” di Liang Bua, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, rusak berat.

Oleh ARIS PRASETYO/LUKI AULIA/FRANSISKUS PATI HERIN
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN

Kondisi jalan menuju situs penemuan manusia purba Homo floresiensis di Liang Bua, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, rusak parah, Sabtu (3/8/2019).

RUTENG, KOMPAS — Akses jalan ke situs penemuan manusia purba Homo floresiensis atau kerap disebut hobbit di Liang Bua, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, rusak berat. Kondisi tersebut sangat mengganggu kelancaran perjalanan ke salah satu destinasi wisata yang hingga kini masih terus diteliti para ilmuwan terkemuka itu.

Menurut pantauan Kompas pada Sabtu (3/8/2019), kerusakan terbentang sekitar 7 kilometer atau setengah jalan yang menghubungkan Liang Bua dan Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai. Tidak hanya itu, dengan lebar jalan hanya 3 meter, saat berpapasan kendaraan harus keluar dari jalur. Kondisi itu mengakibatkan perjalanan sepanjang 14 kilometer itu memakan waktu lebih dari 40 menit.

Editor:
Bagikan
Memuat data..