logo Kompas.id
InternasionalJose de San Martin, Sang Proklamator Peru

Jose de San Martin, Sang Proklamator Peru

Kemerdekaan Peru tak bisa dilepaskan dengan Jenderal Jose de San Martin. Memang, perlawanan rakyat Peru berlangsung lama. Paling terkenal adalah perlawanan rakyat yang dipimpin Tupac Amaru II pada 1780-1781. Namun, San Martin-lah yang memproklamasikan kemerdekaan Peru pada 28 Juli 1821

Oleh M Subhan SD
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/M SUBHAN SD

Patung Jose de San Martin, sang proklamator kemerdekaan Peru, di Lima, Peru.

Kota Lima, Peru, sejak saya tiba pada pekan kedua Juli terlihat meriah. Bendera Merah-Putih-Merah berkibar di mana-mana. Sekilas mirip di Indonesia. Di rumah-rumah penduduk, perkantoran, apartemen, sudut-sudut kota, taman, dan jalan-jalan. Kemeriahan itu karena menjelang perayaan kemerdekaan Peru yang ke-198 tahun. Hampir dua abad berselang. Peru merdeka pada 28 Juli 1821.

Hari Minggu (28/7/2019) waktu setempat, rakyat Peru merayakan hari pembebasan tiga abad penjajahan Spanyol. Tak heran kota Lima begitu semarak. Sejak 27 Juli, mulai dari Plaza de Armas tempat deklarasi San Martin yang heroik hingga tempat-tempat lain digelar berbagai perayaan dan pesta, lagu, tarian, festival makanan, pesta kembang api, dan parade militer.

Editor: Prasetyo Eko
Bagikan
Memuat data..