logo Kompas.id
NusantaraKerja Bersama Kunci Keluarkan Indonesia dari Tiga Besar Dunia

Kerja Bersama Kunci Keluarkan Indonesia dari Tiga Besar Dunia

Penyakit kusta atau lepra masih ada di Indonesia. Bahkan, kasus di Indonesia tertinggi ketiga setelah India dan Brasil. Untuk bebas dari kusta tidak hanya upaya dari pemerintah, tetapi juga perlu upaya dan kepedulian dari berbagai pihak.

Oleh EMANUEL EDI SAPUTRA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/EMANUEL EDI SAPUTRA

Sejumlah dokter mata, kulit, dan kelamin serta rehabilitasi medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo yang tergabung dalam tim KATAMATAKU (Idektifikasi Tanda-tanda Mata, Ekstremitas, dan Kulit pada Kusta) melaksanakan bakti sosial di Rumah Sakit Khusus (RSK) Alverno, Singkawang, Kalimantan Barat, pada Sabtu (20/7/2019).

SINGKAWANG, KOMPAS – Kusta atau lepra masih ada di Indonesia. Bahkan, kasus di Indonesia tertinggi ketiga setelah India dan Brasil. Untuk bebas dari paparan risiko kusta, mensyaratkan kerja nyata tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga berbagai pihak.

Bentuk kepedulian dan upaya mengobati kusta, salah satunya dilakukan sejumlah dokter mata, kulit, dan kelamin serta rehabilitasi medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo. Mereka tergabung dalam tim KATAMATAKU, yakni Idektifikasi Tanda-tanda Mata, Ekstremitas, dan Kulit pada Kusta.

Editor: Gesit Ariyanto
Bagikan
Memuat data..