logo Kompas.id
OpiniTajuk RencanaKetegangan Jepang-Korsel

Ketegangan Jepang-Korsel

Saat dunia masih sibuk menghitung dampak adu tarif Amerika Serikat dan China kini muncul hambatan perdagangan antara Jepang dan Korea Selatan Jepang sejak pekan lalu mengharuskan eksportir materialfluorinated polyimideuntuk mengajukan izin ekspor setiap kali hendak mengapalkannya ke Korea

· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/AHN YOUNG-JOON

Pengumuman seruan boikot produk-produk buatan Jepang ditempel di sebuah toko di Seoul, Korea Selatan, Selasa (9/7/2019). Jepang menolak tawaran Korsel untuk berkompromi terkait kebijakan kontrol ketat atas ekspor material untuk membuat semikonduktor ke Korsel. ”Kami tak menjual produk-produk Jepang,” demikian arti tulisan dalam pengumuman di toko itu.

Saat dunia masih sibuk menghitung dampak adu tarif Amerika Serikat dan China, kini muncul hambatan perdagangan antara Jepang dan Korea Selatan.

Jepang, sejak pekan lalu, mengharuskan eksportir material fluorinated polyimide untuk mengajukan izin ekspor setiap kali hendak mengapalkannya ke Korea Selatan. Fluorinated polyimide merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan layar ponsel. Aturan serupa dikenakan pula pada photoresist dan high purity hydrogen fluoride. Dua komoditas ini digunakan dalam proses pembuatan alur sirkuit pada potongan-potongan silikon guna menghasilkan semikonduktor atau cip.

Editor:
Bagikan
Memuat data..