logo Kompas.id
EkonomiKewajiban Sertifikasi Produk Halal Perluas Peluang Usaha

Kewajiban Sertifikasi Produk Halal Perluas Peluang Usaha

Pelaku usaha, khususnya UMKM, memperkirakan sertifikasi khusus produk halal yang mulai diwajibkan pada Oktober 2019 akan memperumit bisnis mereka. Namun, jaminan produk halal justru menguntungkan pelaku usaha dengan terbukanya pasar baru.

Oleh KELVIN HIANUSA
· 1 menit baca
Memuat data...
HUMAS KADIN

Diskusi tentang kewajiban sertifikasi khusus untuk produk halal di Indonesia, Selasa (9/7/2019), di Jakarta. Ketua Komite Tetap Timur Tengah dan Organisasi Konferensi Islam Kamar Dagang dan Industri Indonesia Fachry Thaib (kanan) mendukung aturan yang akan dimulai pada Oktober 2019 tersebut.

JAKARTA, KOMPAS — Pelaku usaha, khususnya usaha kecil, mikro, dan menengah atau UMKM, memperkirakan sertifikasi khusus produk halal yang mulai diwajibkan pada Oktober 2019 akan memperumit bisnis mereka. Namun, jaminan produk halal justru akan menguntungkan pelaku usaha dengan terbukanya pasar baru, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 dan tata cara pelaksanaannya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2019 tentang Jaminan Produk Halal, setiap produk halal wajib bersertifikasi mulai 17 Oktober 2019. Produk itu meliputi makanan dan minuman serta kosmetik dan obat-obatan.

Editor: Khaerudin Khaerudin
Bagikan
Memuat data..