logo Kompas.id
OpiniTajuk RencanaHarapan Baru dari Krisis Politik Sudan

Harapan Baru dari Krisis Politik Sudan

Kebuntuan politik di Sudan tiga bulan setelah Omar al-Bashir lengser teratasi setelah militer dan sipil sepakat Kini tinggal menjaga agar kesepakatan bisa dijalankan Tergulingnya Bashir dari kursi kepresidenan pada 11 April 2019 setelah sekitar 30 tahun berkuasa tak membuat Sudan keluar dari

· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/ASHRAF SHAZLY

Bendera Sudan berkibar di tengah unjuk rasa rakyat Sudan menuntut pemerintahan sipil memimpin pada masa transisi pascalengsernya Presiden Omar al-Bashirdi luar markas tentara di Khartoum, Sudan, Jumat (12/4/2019).

Kebuntuan politik di Sudan tiga bulan setelah Omar al-Bashir lengser teratasi setelah militer dan sipil sepakat. Kini tinggal menjaga agar kesepakatan bisa dijalankan.

Tergulingnya Bashir dari kursi kepresidenan pada 11 April 2019, setelah sekitar 30 tahun berkuasa, tak membuat Sudan keluar dari krisis. Negeri di timur laut benua Afrika itu dilanda krisis politik berkepanjangan. Dalam tiga bulan terakhir, tiada hari tanpa gejolak di negeri itu. Bahkan, gejolak itu menelan korban jiwa. Tim medis oposisi menyebut lebih dari 100 orang tewas, tetapi pemerintah merilis 62 orang tewas.

Editor:
Bagikan
Memuat data..