logo Kompas.id
EkonomiPengembangan Sektor Teknologi Informasi Akan Perbaiki Transaksi Berjalan

Pengembangan Sektor Teknologi Informasi Akan Perbaiki Transaksi Berjalan

JAKARTA KOMPAS Neraca transaksi jasa teknologi informasi dan komunikasi atau TIK saat ini mengalami defisit Karena itu perbaikan pada kinerja sektor tersebut berpotensi menyehatkan kinerja transaksi berjalan nasional Sepanjang triwulan-I 2019 neraca jasa mengalami defisit 178 miliar do

Oleh M Paschalia Judith J
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/M PASCHALIA JUDITH J

Wakil Ketua Umum Komite Ekonomi dan Industri Nasional Republik Indonesia (KEIN) Arif Budimanta (tengah) dan dosen Fakultas Ekonomi dana Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB), Nunung Nuryartono (kanan), dalam diskusi di Jakarta, Kamis (27/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Neraca transaksi jasa teknologi informasi dan komunikasi atau TIK saat ini mengalami defisit. Karena itu, perbaikan pada kinerja sektor tersebut berpotensi menyehatkan kinerja transaksi berjalan nasional.

Sepanjang triwulan-I 2019, neraca jasa mengalami defisit 1,78 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau Rp 25,24 triliun berdasarkan referensi kurs Bank Indonesia (BI). Adapun defisit neraca transaksi berjalan pada triwulan-I 2019 sebesar 7 miliar dollar AS atau 2,6 persen dari produk domestik bruto.

Editor: M Fajar Marta
Bagikan
Memuat data..