logo Kompas.id
RisetKajian DataJakarta Berubah, Berubah Jakarta

Jakarta Berubah, Berubah Jakarta

Pengembangan kota Jakarta bukan sekedar perubahan fisik kota namun juga cara pandangnya Butuh partipasi masyarakat Jakarta untuk membuat wajah baru Ibu Kota yang selaras dengan warganya Bagi Jakarta memoles wajah kota dengan pembangunan bermacam infrastruktur mungkin jauh lebih mudah dibandi

Oleh EREN MARSYUKRILLA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Lampu jembatan penyeberangan orang (JPO) Gelora Bung Karno di Jalan Sudirman menyala indah, Kamis (28/2/2019). JPO yang diresmikan penggunaannya oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebut menarik perhatian warga karena desainnya yang unik dan artistik.

Pengembangan kota Jakarta bukan sekedar perubahan fisik kota, namun juga cara pandangnya. Butuh partipasi masyarakat Jakarta untuk membuat wajah baru Ibu Kota yang selaras dengan warganya.

Bagi Jakarta, memoles wajah kota dengan pembangunan bermacam infrastruktur mungkin jauh lebih mudah dibandingkan harus membiasakan masyarakat hidup dalam kebiasaan disiplin dan tanggung jawab. Kota merupakan ruang yang harus dibangun selaras dengan memperhatikan beragam aspek termasuk warga yang tinggal di dalamnya.

Editor:
Bagikan
Memuat data..