logo Kompas.id
MudaMelawan Hoaks di Era Digital

Melawan Hoaks di Era Digital

Di era digital informasi begitu gampang diterima lewat gengaman tangan Beragam informasi berseliweran di media sosial yang aktif sepanjang waktu Terkadang kita tidak mengetahui mana informasi yang benar dan berita bohong alias hoaks Lebih bahaya lagi tanpa disadari dengan mudahnya kita

Oleh ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca

Di era digital, informasi begitu gampang diterima lewat gengaman tangan. Beragam informasi berseliweran di media sosial yang aktif sepanjang waktu. Terkadang, kita tidak mengetahui mana informasi yang benar dan berita bohong alias hoaks.

Lebih bahaya lagi, tanpa disadari dengan mudahnya kita meneruskan informasi di media sosial. Sebuah informasi yang belum bisa dikonfirmasi kebenarannya, bisa menjadi viral. Tak jarang, tanpa kita sadari, ikut berkontribusi dalam penyebaran berita hoaks.

Motivator Merry Riana baru-baru ini bergegas membuat video klarifikasi di media sosial. Maksud baik dari video yang diunggah ke YouTube dengan judul Indonesia Masih Ada Harapan atau Video Harapan, ternyata disebarkan dengan tidak utuh. Video asli berdurasi 3 menit 48 detik yang isinya untuk membangun optimisme pada masa depan bangsa, justru diedit dengan cara dipotong.

Editor:
Bagikan
Memuat data..