logo Kompas.id
UtamaSelesainya Pemilu dan Perang Dagang Akan Dorong Pertumbuhan Investasi

Selesainya Pemilu dan Perang Dagang Akan Dorong Pertumbuhan Investasi

Badan Koordinasi Penanaman Modal meyakini, investasi pada 2019 akan tumbuh hingga dua digit secara tahunan. Meski pada triwulan I-2019 investasi cenderung melambat, selesainya pemilihan presiden serta memanasnya perang dagang antara AS dan China akan mendorong pertumbuhan.

Oleh KELVIN HIANUSA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/PRIYOMBODO

Telepon seluler pintar produksi perusahaan telekomunikasi asal China, Huawei, ditawarkan di gerai Erafone di pusat perbelanjaan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (15/6/2019). Perusahaan-perusahaan Amerika Serikat seperti Google menghentikan hubungan bisnis dengan Huawei setelah ada larangan dari Presiden AS Donald Trump sebagai buntut dari perang dagang AS-China.

JAKARTA, KOMPAS — Badan Koordinasi Penanaman Modal meyakini, investasi pada 2019 akan tumbuh hingga dua digit secara tahunan. Meski pada triwulan I-2019 investasi cenderung melambat, selesainya pemilihan presiden serta memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan China akan mendorong pertumbuhan.

Investasi di Indonesia hanya tumbuh 5,3 persen secara tahunan pada triwulan I-2019. Pertumbuhan itu melambat dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan I-2018, yakni 11,8 persen.

Editor: Hendriyo Widi
Bagikan
Memuat data..