PT Gajah Tunggal tbk sebagai pabrikan ban terbesar di Indonesia memperkuat riset untuk meningkatkan kualitas ban demi memperkuat dominasi di pasar nasional.
Oleh
Emilius Caesar Alexey
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — PT Gajah Tunggal tbk sebagai pabrikan ban terbesar di Indonesia memperkuat riset untuk meningkatkan kualitas ban demi memperkuat dominasi di pasar nasional. Selain itu, produsen ban GT Radial dan IRC itu juga memperluas jaringan penjualan dengan terus menambah toko ritel resmi.
”Terima kasih atas kepercayaan para pelanggan terhadap produk Gajah Tunggal. Sebagai brand, kami ingin selalu menjadi pilihan utama bagi pelanggan. Kami terus melakukan riset untuk meningkatkan kualitas produk ban kami. Selain itu, kami juga ingin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan produk kami melalui toko-toko ritel resmi dengan nama Tirezone dan Tirexpress untuk ban mobil, serta MotoXpress untuk ban motor, yang saat ini sudah tersebar di sejumlah wilayah Indonesia,” kata Leonard Gozali, Head of Marketing Division PT Gajah Tunggal Tbk, Sabtu (15/6/2019), di Jakarta.
Berkat peningkatan kualitas yang terus-menerus dan konsistensi memperluas jaringan penjualan, Gajah Tunggal kembali meraih penghargaan Indonesia’s Top 100 Most Valuable Brand 2019 pada Rabu (12/6/2019) di Hotel Shangri-La, Jakarta. Penghargaan itu merupakan penghargaan bagi 100 merek produk dengan nilai tertinggi. Penilaian itu dilakukan oleh Brand Finance Plc, lembaga konsultan penilaian dan strategi merek independen terkemuka dunia.
Penghargaan ini dinilai berdasarkan pemeringkatan Brand Value yang diperoleh dari analisis Brand Finance terhadap Brand Strength Index (BSI) setiap perusahaan, berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa sumber, seperti informasi perusahaan, laporan tahunan perusahaan, serta riset yang dilakukan Brand Finance. Sementara parameter yang digunakan untuk mendapatkan nilai brand adalah kualitatif finansial dan nonfinansial.
Penghargaan ini juga merupakan apresiasi besar bagi Gajah Tunggal dalam meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. PT Gajah Tunggal melalui tiga produknya, yaitu GT Radial, IRC, dan Gajah Tunggal, telah berhasil menjadi ban yang dipercaya oleh beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) sebagai ban original equipment manufacturer (OEM) atau ban yang dipakai mobil atau sepeda motor baru bagi produk mobil atau sepeda motor di Indonesia.
Leonard Gozali mengatakan, pemasaran yang diterapkan oleh Gajah Tunggal berjalan selaras antara aktivitas daring (online) dan luring (offline). Dari sisi daring, Gajah Tunggal memaksimalkan aktivitas promosi dan informasi produk melalui media sosial.
Dari sisi produksi, pada Februari 2018, PT Gajah Tunggal bekerja sama dengan Inoue Rubber Co Ltd dari Jepang untuk mendirikan pabrik ban sepeda motor baru, yaitu PT IRC Gajah Tunggal Manufacturing Indonesia. Investasi untuk pendirian pabrik baru itu mencapai Rp 270 miliar dan Gajah Tunggal berpartisipasi 50 persen di antaranya.
Pada 2008, kapasitas produksi ban motor dari Gajah tunggal mencapai 95.000 unit setiap hari. Selain merek IRC, Gajah Tunggal juga memproduksi ban sepeda motor merek Zeneos. Ban IRC lebih banyak difokuskan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan ban Zeneos untuk pasar dalam negeri dan pasar ekspor.