logo Kompas.id
EkonomiMendukung Daya Saing

Mendukung Daya Saing

Keandalan infrastruktur untuk konektivitas diuji saat mudik Lebaran Berbagai skenario diupayakan agar arus orang dan kendaraan berjalan lancar Namun hal itu tidak mudah karena pergerakan terjadi secara masif dalam periode yang pendek Nyaris bersamaan dengan momen Lebaran kabar baik datan

Oleh Norbertus Arya Dwiangga Martiar
· 1 menit baca

Keandalan infrastruktur untuk konektivitas diuji saat mudik Lebaran. Berbagai skenario diupayakan agar arus orang dan kendaraan berjalan lancar. Namun, hal itu tidak mudah karena pergerakan terjadi secara masif dalam periode yang pendek.

Nyaris bersamaan dengan momen Lebaran, kabar baik datang dari lembaga riset yang berbasis di Swiss, International Institute for Management Development (IMD), yang merilis peringkat daya saing negara-negara di dunia. Dalam laporan tersebut, daya saing Indonesia 2019 naik signifikan, dari peringkat ke-43 menjadi ke-32. Indikator perbaikan itu adalah efisiensi birokrasi, kondisi bisnis, dan pembangunan infrastruktur. Peningkatan daya saing Indonesia disebutkan sebagai yang tertinggi di kawasan Asia.

Dampak pembangunan infrastruktur mulai menampakkan hasil. Kendati bertahap, pembangunan infrastruktur——yang sebagian sudah selesai— berdampak positif pada peningkatan daya saing. Pengalihan belanja subsidi menjadi belanja produktif, terutama infrastruktur, sejak 2015 menjadi tidak sia-sia.

Editor:
Bagikan
Memuat data..