Sebanyak 43 Ribu Penumpang KA Tiba di Jakarta pada H+2 Lebaran
Sejumlah 43.906 penumpang kereta api tiba di Jakarta pada H+2 Lebaran, Sabtu (8/6/2019). Jumlah itu meningkat sekitar 2,76 persen dibandingkan satu hari sebelumnya atau H+1 Lebaran.
Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS – Sejumlah 43.906 penumpang kereta api tiba di Jakarta pada H+2 Lebaran, Sabtu (8/6/2019). Jumlah itu meningkat sekitar 2,76 persen dibandingkan satu hari sebelumnya atau H+1 Lebaran.
Data yang diperoleh dari Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta Eva Chairunisa menyebutkan, 20.704 penumpang datang melalui Stasiun Gambir dan 23.202 orang lewat Stasiun Pasar Senen.
Pada periode 6-8 Juni, total 58.154 penumpang tiba di Stasiun Gambir. Sementara, di Stasiun Pasar Senen, jumlahnya mencapai 66.606 penumpang.
Meskipun sudah memasuki H+2 Lebaran, masih banyak warga berpergian keluar Jakarta menggunakan kereta. Di Stasiun Gambir, misalnya, memberangkatkan 19.713 penumpang, Sabtu (18/6). Jumlah itu relatif tinggi mengingat rata-rata jumlah penumpang harian di stasiun itu (selain masa angkutan Lebaran) hanya sekitar 15.000 penumpang pada akhir pekan.
Sementara itu, Stasiun Pasar Senen memberangkatkan 26.187 penumpang, Sabtu. Jumlah itu masih lebih banyak dibandingkan pemberangkatan pada akhir pekan, yaitu sekitar 15.000 – 19.000 penumpang.
Total penumpang selama masa angkutan Lebaran 2019 diprediksi sebanyak 997.730 penumpang. Jumlah itu meningkat sekitar 9 persen dibandingkan tahun lalu.
Menurut Eva, puncak arus balik diprediksi akan lebih padat pada Minggu (9/6) atau H+3 Lebaran. Arus balik penumpang diperkirakan berlangsung hingga 16 Juni atau H+10.
Sebelumnya, Vice President Public Relation PT KAI Edy Kuswoyo mengatakan, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, pihaknya mengerahkan 406 perjalanan KA, dengan rincian 356 KA reguler dan 50 KA tambahan. Jumlah itu meningkat sekitar 3,3 persen dibandingkan tahun lalu, yaitu 393 perjalanan KA.
Edy menambahkan, berbagai peningkatan pelayanan di stasiun sudah disiapkan, seperti perluasan ruang tunggu, penyediaan area bermain anak, ruang ibu menyusui, posko kesehatan, dan lainnya. “Peningkatan fasilitas itu bertujuan untuk melayani para penumpang pada masa angkutan Lebaran 2019,” ujarnya.