logo Kompas.id
EkonomiSistem Satu Arah Diterapkan

Sistem Satu Arah Diterapkan

Lebih dari 33 juta orang diperkirakan akan mudik menjelang Lebaran tahun ini. Sebagian besar memilih moda transportasi di jalan raya. Dengan demikian, kepadatan di jalan raya diprediksi akan sangat tinggi. Solusi untuk mengatasi hal itu, dengan menerapkan sistem satu arah.

Oleh M CLARA WRESTI dan NORBERTUS ARYA DWIANGGA MARTIAR
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Kendaraan mengantre di dua jalur mengikuti sistem satu arah atau one way di Gerbang Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (19/6/2018). Kebijakan satu arah ini akan kembali digunakan untuk memecah kemacetan panjang saat puncak arus mudik lebaran tahun ini.

JAKARTA, KOMPAS - Lebih dari 33 juta orang diperkirakan akan mudik menjelang Lebaran tahun ini. Dari jumlah itu, sekitar 22,83 juta orang akan mudik menggunakan angkutan umum, sedangkan 10,61 juta orang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Hasil survei Badan Penelitan dan Pengembangan Kementerian Perhubungan yang dikutip Sabtu (11/5/2019) menunjukkan, pemudik dari Jabodetabek sebanyak 14,9 juta. Mereka akan menuju berbagai daerah di Indonesia dengan tiga provinsi tujuan utama, yakni Jawa Tengah (5,6 juta orang atau 37,68 persen dari total pemudik Jabodetabek), Jawa Barat (3,7 juta orang atau 24,89 persen), dan Jawa Timur (1,6 juta orang atau 11,14 persen).

Editor: Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Memuat data..