logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanKreativitas Menjadi Kunci Pengembangan Batik

Kreativitas Menjadi Kunci Pengembangan Batik

Batik merupakan salah satu sektor yang banyak membuka lapangan pekerjaan. Sektor ini didominasi oleh industri kecil dan menengah yang tersebar di 101 sentra.

Oleh PRAYOGI DWI SULISTYO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ny Mufidah Jusuf Kalla (duduk, ketiga dari kiri), bersama dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (duduk, keempat dari kiri) mengunjungi stan salah satu peserta Gelar Batik Nusantara Ke-11 di Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara ini diadakan untuk melestarikan batik yang menjadi budaya asli bangsa Indonesia dan mendekatkan batik kepada generasi muda.

JAKARTA, KOMPAS — Batik menjadi warisan budaya Indonesia yang diakui dunia internasional dan menjadi salah satu sektor industri yang terus berkembang. Kreativitas dalam berkarya menjadi kunci untuk melestarikan batik sehingga dapat terus dikembangkan oleh generasi penerus.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Batik tidak hanya sebagai kain, tetapi menjadi produk mode dan gaya hidup masyarakat.

Editor: hamzirwan
Bagikan
Memuat data..