logo Kompas.id
UtamaMenhub Ingin Layanan KA Bandara Adi Soemarmo Diperluas

Menhub Ingin Layanan KA Bandara Adi Soemarmo Diperluas

Pembangunan jalur kereta api Bandar Udara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, saat ini mencapai 78-79 persen. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginginkan pengoperasian KA bandara itu diperluas, tidak hanya melayani penumpang dari Solo, tetapi juga penumpang dari Klaten ataupun Sragen, Jawa Tengah.

Oleh
ERWIN EDHI PRASETYA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYA

Pembangunan rel kereta api Bandara Adi Soemarmo di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (4/5/2019). Pembangunan rel sepanjang 13 kilometer ini menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dengan Stasiun Solo Balapan, Solo, Jawa Tengah.

SOLO, KOMPAS — Pembangunan jalur kereta api Bandar Udara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, saat ini mencapai 78-79 persen. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginginkan pengopersian KA bandara itu diperluas, tidak hanya melayani penumpang dari Solo, tetapi juga penumpang dari Klaten ataupun Sragen, Jawa Tengah.

”Kalau orang Solo (ke Bandara Adi Soemarmo) naik kereta, mungkin substitusinya mobil itu lebih menarik. Tapi, kalau orang Klaten dikasih kereta, luar biasa mereka. Dengan tarif tertentu mereka akan ke sini (Bandara Adi Soemarmo) sehingga dengan Bandara Yogyakarta yang sudah (pindah) di Kulon Progo, teman-teman di Klaten itu tidak perlu ke Yogyakarta lagi, tetapi bisa ke sini. Jadi penumpang (pesawat) bisa dibagi,” kata Budi dalam kunjungan kerja meninjau kesiapan angkutan Lebaran dan meninjau pembangunan jalur KA Bandara Adi Soemarmo di Stasiun Solo Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (4/5/2019).

Editor:
Bagikan