logo Kompas.id
Politik & HukumBendera Kelompok Anarki dalam Demo Buruh 2019

Bendera Kelompok Anarki dalam Demo Buruh 2019

Pada unjuk rasa Hari Buruh atau May Day Rabu 1 Mei 2019 muncul kelompok anak muda dengan seragam hitam dan membawa panji merah-hitam dalam aksi yang berakhir dengan bentrok di sejumlah lokasi Kelompok bendera merah hitam tersebut muncul di Jakarta Bandung Jawa Barat dan Malang Jawa Timur

Oleh Iwan Santosa
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Sejumlah buruh dari berbagai elemen ikut aksi demo untuk memperingati Hari Buruh Internasional yang berlangsung di kawasan Jalan MH Thamrin, kawasan Monas, serta Patung Kuda, Jakarta, Rabu (1/5/2019). Sejumlah buruh dalam aksinya meminta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan atau Upah Buruh.

Pada unjuk rasa Hari Buruh atau May Day, Rabu, 1 Mei 2019, muncul kelompok anak muda dengan seragam hitam dan membawa panji merah-hitam dalam aksi yang berakhir dengan bentrok di sejumlah lokasi. Kelompok bendera merah hitam tersebut muncul di Jakarta, Bandung, Jawa Barat, dan Malang, Jawa Timur.

Bendera merah hitam tersebut di kalangan aktivis dikenal sebagai kelompok Anarko-Sindikalisme, yakni cabang dari paham anarkisme yang bergerak di kelompok buruh. Anarkisme adalah aliran politik yang menganjurkan masyarakat tanpa negara dan manusia mengatur dirinya sendiri. Anarkisme menentang otoritas atau lembaga hierarki dalam hubungan sesama manusia.

Editor: Sri Rejeki
Bagikan
Memuat data..