logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniMenjawab Problematika Ekonomi Indonesia

Menjawab Problematika Ekonomi Indonesia

&nbsp Akhirnya Indonesia khususnya Jakarta memiliki moda raya terpadu mass rapid transportationMRT Fasilitas transpor- tasi modern ini memang telah lama dinanti kehadirannya sebagai solusi kemacetan Ibu Kota Pembangunan MRT memakan proses waktu yang tak singkat Dimulai sejak 1980-

Oleh  Santo Rizal Samuelson
· 1 menit baca

Akhirnya Indonesia, khususnya Jakarta, memiliki moda raya terpadu (mass rapid transportation/MRT). Fasilitas transpor- tasi modern ini memang telah lama dinanti kehadirannya sebagai solusi kemacetan Ibu Kota.

Pembangunan MRT memakan proses waktu yang tak singkat. Dimulai sejak 1980-an telah lebih dari 25 studi umum dan khusus dilakukan untuk menilai kelayakan pembangunannya. Progres pernah mengalami penundaan saat krisis ekonomi menerpa Indonesia 1997-1998. Proses pembangunan baru benar-benar dimulai sejak Oktober 2013 dan selesai Maret 2019.

Walaupun perencanaan sistem MRT telah ada sejak era Soeharto lalu pembangunannya dilakukan pada masa Susilo Bambang Yudhoyono, tetapi alamat apresiasi terbesar layak ditujukan kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (serta Jokowi-Basuki Tjahaja Purnama selaku pejabat gubernur-wakil gubernur DKI saat itu) yang berani mengambil langkah maju dan merealisasikan pembangunan meski di tengah tantangan berat berupa terbatasnya anggaran pemerintah serta pertimbangan berbagai aspek politik dan gejolak sosial.

Editor:
Bagikan
Memuat data..