logo Kompas.id
โ€บ
Utamaโ€บAbrasi Pantai Meluas hingga...
Iklan

Abrasi Pantai Meluas hingga Sepatan dan Pasar Kemis

Oleh
PINGKAN ELITA DUNDU
ยท 1 menit baca

TANGERANG, KOMPAS - Abrasi di wilayah Kabupaten Tangerang tidak hanya terjadi di wilayah Tanjung Kait, Mauk, Sukadiri, Kosambi, dan Teluk Naga, tetapi, sudah mencapai Sepatan dan Pasar Kemis. Akibatnya, kawasan pertanian terkikis dan air tanah yang selama ini dipergunakan warga untuk kebutuhan mandi, cuci, dan kakus (MCK) tidak lagi digunakan apalagi dikonsumsi.

Pemerintah Kabupaten Tangerang sedang melakukan konservasi lahan untuk mengantisipasi abrasi semakin meluas. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang menyiapkan 10 hektar lahan konservasi dan saat ini baru sebagian atau sebanyak lima hektar lahan konservasi yang tersedia dan digunakan. Juga melakukan program penghijauan dan pengembalian kondisi lingkungan.

โ€œKami berusaha secara optimal untuk mengendalikan abrasi agar jangan sampai abrasi semakin meluas. Selain membuat sumur resapan dan biopori, kami juga melakukan penanaman (tanaman) manggrove,โ€ kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang, Budi Khumaeri, Jumat (22/3/2019).

Editor:
agnesrita
Bagikan