logo Kompas.id
Politik & HukumPemiluSurvei ”Kompas”, Kecurangan Perlu Diantisipasi dalam Pertarungan Parpol yang Kian Ketat

Survei ”Kompas”, Kecurangan Perlu Diantisipasi dalam Pertarungan Parpol yang Kian Ketat

JAKARTA KOMPAS Elektabilitas setiap partai politik tidak terlalu terpaut jauh sehingga berpotensi menyajikan pertarungan ketat pada pemilihan umum serentak 17 April 2019 Namun sisi lain pertarungan ketat itu dapat menimbulkan kecurangan Kecurangan itu bisa terjadidalam pemungutan ataupu

Oleh PRADIPTA PANDU
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Spanduk besar tentang partai-partai politik yang ikut dalam pemilu serentak 2019 terpampang di salah satu sudut Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Selasa (7/8/2018). Sebanyak 20 parpol yang 4 di antaranya adalah partai lokal Aceh akan bersaing agar bisa lolos dari ambang batas parlemen yang telah ditetapkan sebesar 4 persen.

JAKARTA, KOMPAS — Elektabilitas setiap partai politik tidak terlalu terpaut jauh sehingga berpotensi menyajikan pertarungan ketat pada pemilihan umum serentak 17 April 2019. Namun, sisi lain pertarungan ketat itu dapat menimbulkan kecurangan.

Kecurangan itu bisa terjadi dalam pemungutan ataupun penghitungan suara. Karena itu, kecurangan tersebut perlu diantisipasi agar tidak mencederai jalannya demokrasi.

Editor: Hendriyo Widi
Bagikan
Memuat data..