logo Kompas.id
NusantaraParadigma Penanganan dari Hulu

Paradigma Penanganan dari Hulu

PADANG KOMPAS Pemerintah Kota Padang Sumatera Barat terus mendorong berbagai upaya dalam rangka menangani masalah sampah khususnya sampah plastik Mereka mendorong paradigma penanganan dari hulu dengan mengeluarkan kebijakan dan program untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat berkontribusi

Oleh ISMAIL ZAKARIA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA

Berbagai jenis sampah, terutama sampah plastik yang tidak bisa terurai lingkungan, kembali mengotori Pantai Muaro Lasak di kawasan Pantai Padang, Kota Padang, Sumatera Barat, seperti terlihat pada Rabu (23/1/2019). Kondisi ini terjadi hampir setiap tahun di kawasan pantai yang menjadi ikon pariwisata Kota Padang tersebut. Sampah itu dibuang warga ke sungai-sungai yang melintasi Kota Padang, kemudian terbawa ke laut, dan kembali ke darat saat gelombang pasang atau musim hujan.

PADANG, KOMPAS — Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, terus mendorong berbagai upaya dalam rangka menangani masalah sampah, khususnya sampah plastik. Mereka mendorong paradigma penanganan dari hulu dengan mengeluarkan kebijakan dan program untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat berkontribusi.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Tri Hadiyanto di Padang, Selasa (19/2/2019), mengatakan, dalam penanganan sampah, mereka berkaca pada kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tentang paradigma penanganan sampah tidak lagi di hilir atau tempat pembuatan akhir (TPA), tetapi di bagian hulu atau sumber awal sampah.

Editor: Agnes Swetta Pandia
Bagikan
Memuat data..