logo Kompas.id
Utama“Ketidakadilan” di  KRL
Iklan

“Ketidakadilan” di  KRL

Oleh
Agus Hermawan
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/4PrFs33TbHTsNX8-wc6AW48Rjrc=/1024x685/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F12%2FIMG_20181211_174441_1544525143.jpg
Kompas

Suasana gerbong kereta rel listrik dari Parung Panjang tujuan Tamah Abang yang terhambat perjalanannya, Selasa (11/12/2018). Kompas / Andy Riza Hidayat

Beberapa waktu lalu, mass rapid transit (MRT) Singapura hadir  dengan tempat duduk yang bisa dilipat. Kehadiran kursi yang bisa dilipat  itu untuk memaksimalkan ruang di gerbong MRT. Desain itu memungkinkan lebih banyak orang berdiri terangkut MRT, sebab kursi-kursi itu akan dilipat saat jam-jam sibuk pagi dan sore hari. Kemudian, kembali difungsikan kembali saat jam lowong untuk meningkatkan kapasitas tempat duduk.

Kalau pun ada bangku,  diprioritaskan bagi penumpang sepuh, tuna daksa atau ibu hamil. Seperti juga di commuter line (CL) Jabodetabek, foto penumpang “kurang ajar” yang tidak memberikan tempat duduk kepada mereka yang lebih membutuhkan sering viral di media sosial.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000