logo Kompas.id
UtamaDunia Kotor Para “Influencer”
Iklan

Dunia Kotor Para “Influencer”

Oleh
Andreas Maryoto
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ZzVLR-Y67ihauOY8FHECg63enhA=/1024x1447/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2FMAR-sketsa.jpg
DIDIE SW

Andreas Maryoto, Wartawan Senior Kompas

Perkembangan media sosial diikuti oleh korporasi sebagai peluang untuk membuat kanal pemasaran lebih banyak. Mereka menggunakan media sosial untuk alat promosi. Pada saat bersamaan mereka juga menggunakan beberapa orang berpengaruh sebagai “influencer” untuk mengenalkan produk-produk mereka dan juga untuk promosi perusahaan. Seiring berjalannya waktu bisnis “influencer” makin membesar namun pada saat bersamaan makin banyak ditemukan tindakan-tindakan kotor demi mendapatkan uang semata.

Beberapa orang di Indonesia membuat unggahan-unggahan agar ia ditarik sebagai “influencer”. Ia seolah-olah menjadi bagian dari orang yang dipesan oleh perusahaan tertentu sebagai “influencer” padahal ia hanya membuat unggahan biasa saja dengan menggunakan produk tertentu, membuat pujian terhadap produk, dan menyebut akun media sosial perusahaan itu. Upaya memancing perusahaan itu mulai berkembang belakangan ketika perusahaan tak lagi hanya menengok artis sebagai “influencer” namun juga kalangan biasa yang dipandang bisa menjadi “influencer”.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000