logo Kompas.id
Politik & HukumDPR Minta Audit Menyeluruh

DPR Minta Audit Menyeluruh

JAKARTA KOMPAS Dewan Perwakilan Rakyat meminta Kementerian Dalam Negeri melakukan audit menyeluruh terhadap sistem distribusi blangko KTP elektronik Temuan adanya perdagangan blangko KTP-el di toko daring Tokopedia serta kios-kios Pasar Pramuka Pojok diduga sebagai puncak gunung es dari persoa

Oleh Agnes Theodora
· 1 menit baca
Memuat data...
ARSIP KOMPAS

Blangko KTP elektronik yang diperoleh dari transaksi daring, yakni melalui Tokopedia. Blangko itu pun teridentifikasi telah dilakukan personalisasi, salah satu tahap proses pencetakan data di dalam cip KTP-el. Per Jumat (30/11/2018), Tokopedia telah menindaklanjuti penjualan itu setelah menerima laporan Kompas.

JAKARTA, KOMPAS — Dewan Perwakilan Rakyat meminta Kementerian Dalam Negeri melakukan audit menyeluruh terhadap sistem distribusi blangko KTP elektronik. Temuan adanya perdagangan blangko KTP-el di toko daring Tokopedia serta kios-kios Pasar Pramuka Pojok diduga sebagai puncak gunung es dari persoalan yang lebih besar, yakni kurang maksimalnya sistem pengawasan distribusi blangko KTP-el.

Kemendagri diminta tidak menyederhanakan persoalan karena blangko KTP-el yang bocor bisa saja disalahgunakan oleh sejumlah oknum untuk berbagai kepentingan. Tidak menutup kemungkinan, kepingan blangko KTP-el yang bocor itu bisa disalahgunakan untuk berbuat curang di pemilihan umum.

Editor:
Bagikan
Memuat data..