Satu Jam Pertama, Penjualan Tembus 10 Miliar Dollar AS
Oleh
Karina Isna Irawan
·3 menit baca
SHANGHAI, KOMPAS — Alibaba Group Holding Ltd (BABA) membukukan penjualan 69,3 miliar yuan atau setara 10 miliar dollar AS dalam satu jam pertama pembukaan 11.11 Global Shopping Festival, Minggu (11/11/2018). Festival belanja daring 24 jam terbesar di dunia ini menawarkan lebih dari 180.000 merek lokal dan internasional.
KOMPAS/KARINA ISNA IRAWAN
Gala Pembukaan 11.11 Global Shopping Festival di Shanghai, China, Minggu (11/11/2018).
Alibaba menggelar festival belanja setiap tahun sejak 2009. Pergelaran ini menjadi festival belanja daring 24 jam terbesar di dunia berdasarkan Gross Merchandise Volume (GMV). Nilai penjualan terus meningkat dari total 52 juta yuan pada 2009 menjadi 168,2 miliar yuan pada tahun 2017. Transaksi dilakukan lebih dari 225 negara dan wilayah di China.
Seperti dilaporkan wartawan Kompas, Karina Isna Irawan, dari Shanghai, China, gala pembukaan 11.11 Global Shopping Festival pada Sabtu (10/11/2018) malam cukup meriah. Gala disiarkan langsung melalui televisi lokal China serta diliput sedikitnya 200 wartawan dari seluruh dunia. Hadir sebagai pengisi acara antara lain penyanyi Mariah Carey dan Jay Chou serta model Miranda Kerr.
Dalam hitung cepat transaksi penjualan yang dibuka pada Minggu pukul 00.00 waktu China (CST) terlihat pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Jack Ma hadir mengenakan pakaian kasual didominasi warna hitam. Selama acara berlangsung, Jack Ma tidak secara khusus menyampaikan sambutan atau pidato terkait dengan 11.11 Global Shopping Festival kepada awak media.
Perhelatan tahun ini lebih bermakna karena tepat 10 tahun 11.11 Global Shopping Festival. Sebelum memasuki area gala pembukaan, pengunjung disajikan instalasi perjalanan 11.11 Global Shopping Festival sejak 2009 sampai 2018. Dari salah satu testimoni yang dikutip Alibaba Group, festival belanja ini sangat dinanti, bahkan beberapa pembeli rela menyisihkan uang mereka sejak setahun lalu.
PeluangIndonesia
Pada gala pembukaan, video Presiden Joko Widodo juga ditayangkan sebagai promosi produk-produk Indonesia. Kesempatan ini terbilang langka karena hanya 25 negara yang berkesempatam mendapat promosi khusus dalam 11.11 Global Shopping Festival. Selain itu, 5 produk Indonesia juga dipamerkan dalam paviliun daring di laman Tmall dan paviliun fisik di Shanghai.
ALIBABA INDONESIA
Promosi salah satu produk Indonesia di paviliun 11.11 Global Shopping Festival di Shanghai, China.
Lima produk Indonesia yang berpartisipasi dalam festival belanja ini ialah Indomie, kopi Kapal Api, wafer Richeese, kerupuk udang Papatonk, dan sarang burung walet Yan Ty Ty. Semua produk dapat dibeli melalui aplikasi atau laman Tmall dengan transaksi melalui Alipay.
”Ini menjadi langkah awal Indonesia meningkatkan ekspor ke China. Pemerintah Indonesia dan Alibaba Group sepakat bekerja sama mengembangkan ekonomi digital,” kata Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun.
KOMPAS/KARINA ISNA IRAWAN
Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun (tengah) dalam jumpa pers seusai pembukaan 11.11 Global Shopping Festival.
Djauhari menuturkan, kerja sama bermula ketika kunjungan Jack Ma ke Indonesia pada September 2018. Setidaknya ada tiga hal yang disepakati pemerintah dan Alibaba Group, yaitu meningkatkan kolaborasi perdagangan lintas batas, menggelar pelatihan localdigitaltalent, dan inovasi di bidang teknologi finansial.