HONG KONG, KOMPAS Kompas.id, situs berita berlangganan dari harian Kompas, mendapatkan dua penghargaan internasional dalam Asian Digital Media Awards 2018 yang diselenggarakan asosiasi media dunia WAN-IFRA di Mira Hotel, Hong Kong, Kamis (8/11/2018).
Pada kategori Reader Revenue Initiative untuk inisiatif portal berita berbayar, Kompas.id meraih piala emas. Sementara itu, dalam kategori Best News Website or Mobile Service, Jelajah Terumbu Karang ”Beyond Coral Reef” meraih perunggu.
Penghargaan diserahkan Chief Operating Officer WAN-IFRA Thomas Jacob dan Head of News and Publishing Partnership, Google, APAC Kate Beddoe kepada Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Ninuk Mardiana Pambudy dan General Manager Marketing Harian Kompas Titus Kitot.
Kompas.com juga mendapatkan penghargaan perunggu untuk kategori Best Branded Content Project. Penghargaan diterima Asisten Editor Kompas.com Fatimah Kartini Bohang.
Singapore Press Holdings paling banyak memborong piala. Tiga di antaranya adalah emas.
Peraih emas antara lain untuk kategori Best News Website or Mobile Service diraih MediaCorp. Best Data Visualization diraih South China Morning Post.
Perwakilan media dari 40 negara hadir
Pemberian penghargaan ini merupakan bagian dari acara Konferensi Media Digital Asia 2018. Acara dihadiri perwakilan media-media dari 40 negara. Konferensi membahas berbagai tantangan dan peluang media
dalam menghadapi disrupsi digital.
Materi-materi yang diulas antara lain tren-tren media digital dan pengembangan produknya, termasuk berbagai perubahan model bisnis dalam media digital.
Terima kasih pelanggan
Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengucapkan terima kasih kepada pelanggan dan mitra Kompas. Selain membutuhkan profesionalisme, liputan jurnalistik berkualitas juga membutuhkan biaya besar dan hal ini dapat terlaksana berkat dukungan para pelanggan dan mitra Kompas.
Jelajah Terumbu Karang merupakan salah satu dari sekian banyak serial ekspedisi Kompas untuk terus mengenalkan Tanah Air, mulai dari gunung api, daerah perbatasan, sungai, laut, kuliner, kopi, batik, hingga berbagai alat musik di Nusantara. Jelajah Terumbu Karang ini terselenggara atas dukungan Bank Rakyat Indonesia dan pelanggan terdaftar Kompas.id yang saat ini berjumlah 380.000 orang sejak diluncurkan pada 2017.
Direktur Bisnis Harian Kompas Lukas Widjaja juga berterima kasih atas kepercayaan para pelanggan dan pembaca selama ini. Atas kepercayaan yang besar itulah, tim selalu bekerja keras untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pelanggan Kompas yang diawali di harian Kompas dan kini berlanjut di Kompas.id.
Penghargaan ini juga menunjukkan bahwa transformasi digital di harian Kompas sudah berjalan. ”Terima kasih kepada teman- teman muda Kompas yang telah melahirkan Kompas.id,” kata Budiman Tanuredjo di Jakarta. (NMP/SEP/EKO/SUT)