logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiPerlindungan Sekaligus Basis Pengelolaan Hutan

Perlindungan Sekaligus Basis Pengelolaan Hutan

&nbspJohan staf Wildlife Conservation Society masih ingat betul kejadian baku tembak pada 2016 Saat itu ia mendampingi tim Patroli Smart di Taman Nasional Gunung Leuser Meski tembak-menembak jarak dekat di malam itu tidak menimbulkan korban jiwa baik dirinya maupun orang tak dikenal yang meny

Oleh ICHWAN SUSANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ICHWAN SUSANTO

Tim patroli Bidang 3 Taman Nasional Gunung Leuser mempraktikkan pendataan berbasis Patroli Smart yang dilakukan secara akurat dan detail pada area di Langkat, Sumatera Utara, Selasa (28/8/2018). Pendataan yang diperkenalkan sejak 2015 oleh mitra TNGL ini menjadi basis perencanaan dan pengelolaan kawasan konservasi yang kuat.

Johan, staf Wildlife Conservation Society, masih ingat betul kejadian baku tembak pada 2016. Saat itu, ia mendampingi tim Patroli Smart di Taman Nasional Gunung Leuser. Meski tembak-menembak jarak dekat di malam itu tidak menimbulkan korban jiwa, baik dirinya maupun orang tak dikenal yang menyerang tim Patroli Smart di dalam belantara—kejadian ini menjadi pelajaran akan pentingnya patroli yang efektif dan aman.

Saat itu, Patroli Smart baru setahun diperkenalkan Wildlife Conservation Society (WCS) kepada para ranger (penjaga hutan) di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), khususnya di Langkat, Sumatera Utara. Karena dinilai baik dan bermanfaat, Balai Besar TNGL kini mewajibkan Patroli Smart dipakai oleh mitra nonpemerintah yang bekerja di Leuser, termasuk di Aceh.

Editor:
Bagikan
Memuat data..