logo Kompas.id
Politik & HukumTarget Legislasi DPR Makin Sulit Terwujud

Target Legislasi DPR Makin Sulit Terwujud

&nbsp &nbsp Kinerja anggota DPR kembali disorot publik ketika lembaga perwakilan rakyat ini memasuki usia yang ke-73 pada 29 Agustus lalu Kesibukan mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi Pemilu 2019 akan menyita kinerja legislasi mereka sehingga target kerja semakin sulit untuk direalisas

Oleh Susanti Agustina S/ Litbang Kompas
· 1 menit baca

Kinerja yang paling disorot di pengujung masa kerja DPR saat ini adalah fungsi legislasi. Sebanyak 56,2 persen responden menyatakan tak puas terhadap kinerja DPR dalam menjalankan fungsi legislasi. Jajak pendapat ini pun menangkap fenomena minimnya pengetahuan publik tentang undang-undang yang pernah dibuat oleh DPR bersama pemerintah. Lebih dari 70 persen responden menyatakan tak tahu UU yang dibuat selama lima tahun terakhir.

Dari 26 persen responden yang mengetahui UU yang pernah dibuat dalam lima tahun terakhir, mereka mengaku hanya tahu UU Terorisme. Boleh jadi, pengetahuan responden tersebut dipengaruhi oleh pemberitaan tentang sejumlah aksi terorisme yang melatari pembahasan UU ini. Terbukti, UU Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), UU Tabungan Rakyat, serta UU Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan hampir tidak dikenal oleh responden.

UU yang dihasilkan dari 2015 sampai 2018 masih sangat jauh dari target Program Legislasi Nasional (Prolegnas) yang ditetapkan. Dari total 50 RUU di Prolegnas 2018, hanya 4 yang diselesaikan. Masih ada 46 RUU yang ditargetkan selesai hingga 2019.

Editor:
Bagikan
Memuat data..