logo Kompas.id
InternasionalPuluhan Tahun Menunggu Pulang ke ”Rumah”

Puluhan Tahun Menunggu Pulang ke ”Rumah”

PYEONGTAEK RABU Sebanyak 55 peti berisi sisa-sisa jasad tentara Amerika Serikat yang dikembalikan Korea Utara pekan lalu kemungkinan besar memang merupakan jasad tentara AS Dengan demikian para tentara ini akhirnya bisa kembali pulang ke rumah Pekan lalu Pyongyang mengembalikan

Oleh Myrna Ratna
· 1 menit baca
Memuat data...
JUNG YEON-JE / FOTO KOLAM RENANG MELALUI AP

Tentara AS memberi hormat saat upacara pemulangan sisa-sisa jasad tentara AS yang tewas dalam Perang Korea. Upacara pemulangan digelar di Pangkalan Udara Osan di Pyeongtaek, Korea Selatan, Rabu, 1 Agustus 2018. Korea Utara menyerahkan 55 kotak-kotak berisi sisa jasad tentara AS minggu lalu sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai selama pertemuan puncak bersejarah Juni lalu antara pemimpinnya Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump.

PYEONGTAEK, RABU — Sebanyak 55 peti berisi sisa-sisa jasad tentara Amerika Serikat yang dikembalikan Korea Utara, pekan lalu, kemungkinan besar memang merupakan jasad tentara AS. Dengan demikian, para tentara ini akhirnya bisa kembali pulang ke ”rumah”.

Pekan lalu, Pyongyang mengembalikan 55 peti yang diduga merupakan sisa-sisa jasad tentara AS dalam Perang Korea 1950-1953. Proses untuk mengidentifikasi sisa jasad ini bisa berlangsung bertahun-tahun. Namun, menurut John Byrd, direktur analisis ilmiah di Defence POW/MIA Accounting Agency (DPAA), penemuan awal menunjukkan bahwa ”kemungkinan besar sisa-sisa jasad itu merupakan tentara AS”.

Editor:
Bagikan
Memuat data..