logo Kompas.id
UtamaAtasi Keterbatasan Akses...

Atasi Keterbatasan Akses dengan Kredit Air

Oleh
ADITYA PUTRA PERDANA
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/-tgkY0Vp0J4xlC4hoCQQz4Ek54E=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F07%2FPamsimas-Kendal.jpg
KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Warga mencuci tangan melalui jaringan air di Desa Kartikajaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, di dekat menara air Pamsimas, Senin (23/7/2018). BP SPAMS atau PDAM tingkat desa di desa tersebut memanfaatkan pinjaman kredit air untuk mengoptimalkan Pamsimas dan aliran air bersih ke rumah-rumah.

KENDAL, KOMPAS — Sejumlah masalah keterbatasan akses air bersih di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, perlahan teratasi antara lain dengan pemanfaatan kredit air. Manfaat nyata produk itu adalah optimalisasi sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas yang kini membuat warga bisa mengakses air bersih 24 jam.

Di Desa Kartikajaya, Kecamatan Patebon, misalnya. Sejak April 2017, Pengurus Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) Kartika Tirta (istilah lain PDAM tingkat desa) memanfaatkan Kredit Air dari Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (BPR BKK) Kendal.

Editor:
Bagikan