logo Kompas.id
MetropolitanPerencanaan Wilayah untuk Ketahanan Pangan Ibu Kota

Perencanaan Wilayah untuk Ketahanan Pangan Ibu Kota

JAKARTA KOMPAS -- Perhatian pada aspek ketahanan pangan dibutuhkan dalam melakukan perencanaan wilayah di perkotaan Hal ini terkait dengan kemunculan kawasan-kawasan baru perkotaan menyusul alih fungsi lahan yang terjadi sebagai dampak dari pertumbuhan dan perkembangan aktivitas penduduk Penel

Oleh inki rinaldi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Pekerja menyortir telur ayam di salah satu agen di Jembatan Lima, Jakarta, Rabu (11/8/2018). Dalam sepekan terakhir harga jual eceran telur di sejumlah pasar masih tinggi, mencapai Rp 28.000 per kilogram.

JAKARTA, KOMPAS -- Perhatian pada aspek ketahanan pangan dibutuhkan dalam melakukan perencanaan wilayah di perkotaan. Hal ini terkait dengan kemunculan kawasan-kawasan baru perkotaan menyusul alih fungsi lahan yang terjadi sebagai dampak dari pertumbuhan dan perkembangan aktivitas penduduk.

Peneliti bidang ekonomi dan ketahanan pangan Susy Sanie Herman, Kamis (12/7/2018) mengatakan bahwa sejauh ini pengembangan wilayah-wilayah baru perkotaan, cenderung masih dilakukan dengan pertimbangan politis dan administratif. Adapun sumber-sumber pangan yang terkait dengan keberadaan kawasan-kawasan perkotaan tersebut, cenderung belum dijadikan bahan pertimbangan serta didesain secara spasial atau dengan memerhatikan aspek ruang dan tempatnya pada bentang kebumian.

Editor:
Bagikan
Memuat data..