logo Kompas.id
EkonomiPengendalian Subsidi Belum Dapat Diterapkan

Pengendalian Subsidi Belum Dapat Diterapkan

JAKARTA KOMPAS Pemerintah belum dapat memutuskan pilihan skema pengendalian subsidi elpiji 3 kilogram agar benar-benar tepat sasaran Dari rencana yang ada pengendalian subsidi dilakukan dengan cara pendistribusian tertutup dan penyaluran batuan langsung tunai kepada masyarakat yang berhak men

Oleh ARIS PRASETYO
· 1 menit baca
Memuat data...

Ilustrasi _ Pekerja membongkar tabung gas 3 kilogram untuk dimuat ke kapal pengangkut di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah belum dapat memutuskan pilihan skema pengendalian subsidi elpiji 3 kilogram agar benar-benar tepat sasaran. Dari rencana yang ada, pengendalian subsidi dilakukan dengan cara pendistribusian tertutup dan penyaluran batuan langsung tunai kepada masyarakat yang berhak mendapat subsidi. PT Pertamina (Persero) mendorong masyarakat mampu yang semula menggunakan elpiji 3 kilogram bersubsidi agar memakai elpiji 3 kilogram non subsidi bermerek Bright Gas.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengakui, sampai saat ini pemerintah belum memutuskan pilihan skema pengendalian subsidi untuk elpiji 3 kg. Skema yang ada adalah menggunakan kartu beridentitas khusus bagi pemegang atau penerima subsidi, serta skema pemberian bantuan langsung tunai (BLT) kepada penerima subsidi.

Editor:
Bagikan
Memuat data..