logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiBPPT Hasilkan Formula Pangan Alternatif Pengganti Padi dan Gandum

BPPT Hasilkan Formula Pangan Alternatif Pengganti Padi dan Gandum

JAKARTA KOMPAS Kebutuhan gandum terutama untuk bahan baku mi bagi penduduk Indonesia sebagian masih dipenuhi dengan produk impor Untuk menekan impor bahan pangan tersebut dibuat formula dari sumber karbohidrat yang kemudian diolah dan dicetak menjadi mi Formula itu terdiri dari sagu jagu

Oleh Yuni Ikawati
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Agustina memangkur sagu sambil menggendong anaknya, Lobeca, di hutan di pinggir Sungai Welderman, Distrik Kaibar, Kabupaten Mappi, Papua, Sabtu (24/8/2013). 

JAKARTA, KOMPAS — Kebutuhan gandum, terutama untuk bahan baku mi bagi penduduk Indonesia, sebagian masih dipenuhi dengan produk impor. Untuk menekan impor bahan pangan tersebut, dibuat formula dari sumber karbohidrat yang kemudian diolah dan dicetak menjadi mi. Formula itu terdiri dari sagu, jagung, dan singkong.

Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (TAB-BPPT) Soni Solistia Wirawan, Senin (11/6/2018), mengatakan, pola makan masyarakat Indonesia saat ini mulai bergeser, yakni banyak mengonsumsi mi yang dibuat dari terigu yang berbahan baku gandum.

Editor:
Bagikan
Memuat data..