Semarak rampak kendang membuka rangkaian acara Indonesia Week (Inaweek) di Guangzhou, China. Acara yang diselenggarakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Guangzhou itu berlangsung sejak Jumat, 11 Mei, hingga Minggu (13/5/2018) malam di pelataran China Plaza, salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Guangzhou.
Konsul Jenderal RI dalam sambutannya menyampaikan, Inaweek diselenggarakan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan Indonesia yang telah memasuki pasar China. Penonton juga dapat menyaksikan keanekaragaman budaya Indonesia melalui tarian dari sejumlah daerah, seperti lenggang nyai dari Betawi, rentak besapih dari Jambi, bajidor kahot dari Jawa Barat, dan masih banyak lagi.
Turut hadir pada acara pembukaan adalah para konjen dari negara-negara ASEAN di Guangzhou, yaitu Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Filipina, dan Malaysia. Selain itu, hadir pula Vice President GZ Lingnan, penyelenggara pameran pariwisata tahunan di Guangzhou.
Tidak ketinggalan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Lion Air, Bank BNI dan BRI, serta perusahaan PT Kapal Api Global, Guangdong Tiansong (biskuit dan kue), Jin Xi Hui (importir sarang burung Indonesia), De Xiang Tang (kayu gaharu), PT Puncak Top Trader (importir mi instant Indomie), Papatonk (kerupuk udang), serta Resto Pandan mendukung acara Inaweek sebagai pengisi booth dan menyediakan berbagai hadiah untuk pengunjung.
Hari pembukaan Inaweek diliput oleh media-media lokal, mulai dari TV, radio, cetak, hingga media daring. Guangdong TV dan GZ TV melakukan sesi wawancara khusus dengan Konjen RI.
Salah satu poin yang digarisbawahi dalam wawancara tersebut adalah kunjungan PM Li Keqiang ke Indonesia pada 6-8 Mei, yang menandakan kedekatan hubungan kedua negara. Sebab, ini adalah kunjungan luar negeri pertama bagi PM Li sejak dilantik kembali pada Maret 2018.
Disampaikan bahwa China adalah mitra dagang utama Indonesia dan sumber wisatawan asing nomor satu ke Indonesia. Melalui kegiatan promosi Indonesia seperti Inaweek, diharapkan hubungan kedua negara semakin meningkat dan jumlah wisatawan China ke Indonesia terus bertambah.
Seusai acara pembukaan, Konjen RI mengundang para konjen ASEAN dan tamu undangan bersantap siang di Resto Pandan. Resto Pandan adalah rumah makan Indonesia yang baru buka pada 16 April dan langsung menjadi favorit warga Guangzhou.
Masyarakat setempat antusias menyerbu produk Indonesia yang dijual. Tidak kurang dari 1.000 pengunjung datang pada hari pertama Inaweek di Guangzhou.