logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanJejak-jejak Lingkungan Intelektual RA Kartini

Jejak-jejak Lingkungan Intelektual RA Kartini

Oleh Iwan Santosa
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KARTONO RYADI

Pameran lukisan karya ibu-ibu oleh Lingkaran Seni Djakarta dan Badan Penghubung Organisasi Wanita berlangsung selama tiga hari, 16-19 April 1972 di Balai Budaya. Pameran diadakan untuk memperingati Hari Kartini, 21 April.

Raden Adjeng Kartini dikenal sebagai Pahlawan Nasional yang menjadi perintis pendidikan perempuan dan kesetaraan jender pada akhir abad ke-19 di Jawa. Namun, sedikit yang memandang RA Kartini dan keluarga dalam dunia budaya berbahasa Perancis (Francophone) dan pandangannya terhadap pluralisme masyarakat di zaman peralihan tahun 1890-awal 1900 di Hindia-Belanda dan dunia yang sedang berubah kala itu.

Dunia penutur bahasa Perancis sebetulnya tidaklah jauh dari Kartini dan keluarga. Dalam salah satu foto ikonik, Kartini bersama adik-adik dan murid perempuannya berpose di sekeliling papan tulis berisi materi pelajaran yang ditulis dengan kapur. Materi bahan bacaan yang tertulis di papan tulis itu, dan selama ini terabaikan, adalah cuplikan naskah La Petit Chaperon Rouge atau Si Kecil Bertudung Merah.

Editor:
Bagikan
Memuat data..