logo Kompas.id
KesehatanVaksin Sel Dendritik Dimanfaatkan untuk Terapi Kanker

Vaksin Sel Dendritik Dimanfaatkan untuk Terapi Kanker

JAKARTA KOMPAS Terapi kanker dengan metode imunoterapi terus dikembangkan Salah satu bentuk imunoterapi yang dinilai efektif diterapkan untuk mematikan sel kanker adalah terapi vaksin kanker sel dendritik Terapi ini secara spesifik menghancurkan sel kanker dengan memperkuat sistem kekebalan t

· 1 menit baca

JAKARTA, KOMPAS — Terapi kanker dengan metode imunoterapi terus dikembangkan. Salah satu bentuk imunoterapi yang dinilai efektif diterapkan untuk mematikan sel kanker adalah terapi vaksin kanker sel dendritik. Terapi ini secara spesifik menghancurkan sel kanker dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh pasien.

Ahli penyakit dalam, konsultan hematologi-onkologi medik Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Nyoto Widyo Astoro, mengatakan, terapi vaksin sel dendritik diterapkan dengan melatih sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel kanker secara spesifik. Berbeda dengan jenis imunoterapi lain yang bekerja dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh secara umum.

”Terapi ini sangat spesifik untuk orang tertentu dan untuk jenis kanker tertentu. Tidak bisa diterapkan dari satu pasien ke pasien lain. Selain itu, pengembangan terapi ini juga lebih maju karena ada 'memori' yang ditanamkan pada sel sehingga sudah diarahkan untuk menghancurkan antigen kanker tertentu,” ujar Nyoto, seusai acara Cancer Information and Support Center (CISC) 15th Anniversary di Jakarta, Sabtu (7/4/2018).

Editor:
Bagikan
Memuat data..