"Fairing" Baru Untungkan Tim Yamaha
SEPANG, SENIN - Dua pebalap tim pabrikan Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi menjadi pebalap tercepat pertama dan kedua pada hari kedua uji coba MotoGP di Sirkuit Sepang, malaysia, Senin (29/1). Kedua pebalap itu mendapat keuntungan dari desain fairing yang baru di sepeda motor mereka.
Fairing adalah struktur eksternal dari plastik atau logam yang ditambahkan untuk mengurangi hambatan udara dan memberi kestabilan. Desain fairing dikembangkan setelah winglet atau sayap kecil di belakang motor dilarang digunakan pada MotoGP musim 2018.
Fairing adalah struktur eksternal dari plastik atau logam yang ditambahkan untuk mengurangi hambatan udara dan memberi kestabilan.
Vinales menjadi yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 59,355 detik. Catatan waktu itu dibuat Vinales pada menit-menit terakhir jelang berakhirnya sesi latihan hari kedua, tepatnya pada putaran ke-66 dari 68 putaran yang dijalaninya.
"Fairing baru meningkatkan percepatan. Pada sektor terakhir, saya meningkat banyak. Ini akan penting untuk lintasan seperti Austria dan Le Mans yang banyak membuat ban depan terangkat (wheelie). Namun, di beberapa lintasan kami tidak ingin menggunakannya, seperti di Australia, yang banyak angin karena di beberapa tikungan akan memburuk. Namun, percepatan sangatlah penting," kata Vinales.
Vinales menjadi yang tercepat dengan catatan waktu satu meni 59,355 detik. Catatan waktu itu dibuat Vinales pada putaran ke-66 dari 68 putaran yang dijalaninya sepanjang hari kedua.
Hasil yang dicapai Vinales sangat mengejutkan karena sejak latihan dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat, Vinales tidak pernah beranjak dari posisi kesepuluh. Menjelang menit-menit akhir sebelum penutupan pada pukul 18.00, Vinales menyodok ke posisi tercepat.
Vinales memperbaiki posisinya pada hari pertama yang terpuruk pada urutan ke-13 dengan waktu 2 menit 0,714 detik.
Sementara itu, Valentino Rossi yang berkutat pada posisi tiga besar sejak pembukaan sesi latihan, berhasil mengakhirinya di posisi kedua. Catatan waktu Rossi terpaut 0,035 detik dari catatan waktu Vinales.
Saya mencoba fairing dengan aerodinamika dan hasilnya bagus. Terutama yang saya rasakan ketika mencoba fairing tipe ini, saya merasa lebih banyak kontan di depan
Rossi juga memperbaiki pencapaian pada hari pertama yang berada di urutan keenam, dengan waktu 2 menit 0,233 detik.
"Saya mencoba fairing dengan aerodinamika dan hasilnya bagus. Terutama yang saya rasakan ketika mencoba fairing tipe ini, saya merasa lebih banyak kontan di depan. Jadi saat saya harus berkendara tidak lurus dan merasa lebih banyak kontak di bagian depan, ini akan lebih mudah dan tidak terlalu melelahkan. jadi inilah jalannya. Saya tidak memiliki poin negatif," kata Valentino Rossi.
Namun, Rossi masih mengeluhkan perangkat unit kontrol elektronik (ECU) di motornya.
"Kami mencoba dua mesin yang berbeda untuk meningkatkan percepatan dan keduanya lumayan. Pada kecepatan tertinggi cukup bagus. Kami perlu perangkat elektronik, terutama untuk menghemat ban belakang, tetapi kesan pertamanya bagus," kata Rossi, di situs Yamaha Racing.
Pebalap Honda Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Cal Crutchlow mencoba desain fairing yang baru pada hari kedua. Bagi Pedrosa dan Marquez hasilnya kurang memuaskan.
Pedrosa yang menjadi pebalap tercepat pada hari pertama justru terlempar ke urutan ke-12. Marquez tidak beranjak dari posisi ketujuh, seperti pada hari pertama, tetapi Cal Crutchlow justru naik dari urutan kesembilan menjadi ketiga.
Target utama dari fairing yang baru adalah mencegah ban depan terangkat, mencoba mendapatkan lebih banyak tekanan ke bawah. Tentu akan membuat kami kehilangan sedikit kecepatan tertinggi
"Target utama dari fairing yang baru adalah mencegah ban depan terangkat, mencoba mendapatkan lebih banyak tekanan ke bawah. Tentu akan membuat kami kehilangan sedikit kecepatan tertinggi. Namun, saat kami masuk ke tikungan, motor terasa lebih keras. Pada tikungan cepat juga terasa lebih keras," kata Marquez, yang terpaut 0,375 detik dari Vinales.
Menurut Marquez, fairing barunya perlu ditingkatkan agar mendapat keseimbangan bagi motor karena dia dapat melaju cepat pada satu putaran saja. Namun, untuk tampil konsisten pada banyak putaran, Marquez khawatir ban depan akan mengalami panas berlebihan.
Sementara itu, Crutchlow juga merasakan hal yang serupa dengan Marquez. Fairing yang baru membuat sepeda motor Honda jauh berbeda dengan sepeda motor yang biasa mereka gunakan.
"Ada beberapa aspek positif dan sedikit negatif harus banyak menyetel motor dan tidak kami lakukan. Percepatan dan pengereman lebih baik, tetapi saya merasa ada yang berbeda dengan yang biasa saya gunakan dan sedikit keluar dari zona nyaman. Namun, kami akan terus bekerja dengan fairing ini sampai titik tertentu. Saya tidak tahu kapan saya akan memiliki daftar yang harus dikerjakan oleh para staf," kata Crutchlow yang membela tim satelit, LCR Honda.
Pedrosa mengeluhkan hanya ada satu jenis fairing di timnya. Hal itu membuatnya tidak memiliki alternatif untuk diuji.
"Kini, setelah perasaan pertama, kami memiliki beberapa informasi. Jadi, kami dapat menguji fairing itu untuk melihat apakah akan dipertahankan atau dimodifikasi, tergantung permintaan," kata Pedrosa.
Pada hari kedua, Jorge Lorenzo, Jack Miller, dan Johann Zarco menempati posisi keempat sampai keenam. Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Andrea Iannone, dan Aleix Espargaro menempati posisi kedelapan sampai ke-12.
Pol Espargaro sempat terjatuh karena lintasan licin akibat hujan. Espargaro sempat dibawa ke fasilitas tesehatan terdekat sebelum dinyatakan dalam kondisi baik. (AFP)