Lebih Dekat dengan Hewan Peliharaan di Indo Pet Expo
Oleh
·4 menit baca
Bagi Anda yang belum punya acara, sempatkan untuk mengunjungi Indo Pets Expo 2017 yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten. Di pameran yang berlangsung hingga Minggu (10/9) ini, kita bisa mengenal berbagai hewan peliharaan berikut serba-serbi perawatan hewan itu.
Pameran ini diadakan oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) bekerja sama dengan PT Mavic Media Indonesia. Tema besar pameran kali ini adalah mengedukasi masyarakat tentang kesejahteraan hewan peliharaan.
Pameran ini diikuti oleh lebih dari 120 stan. Stan-stan itu menawarkan puluhan produk makanan dan obat serta jasa perawatan untuk hewan, seperti dari stan Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI), Cat & Dog, CV Dwi Putra Niaga, CV Starsia Asiatama, Dog-Opoly, Herbafit, Hubby Rose Limited Pet Care, Jakarta Koi Centre, Natural Ecosand System, Petline Food, Pet Kingdom, dan PT Global Cipta Karya (FARMINA).
Ada juga stan untuk adopsi hewan yang telantar, seperti Animal Defender Indonesia dan Rumah Shambala.
Berbagai komunitas juga turut meramaikan pameran itu dengan memamerkan dan menjual hewan, seperti Asosiasi Pelestari Curok Bali (APCB), Komunitas Otter Indonesia, Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI), Hedgehog Lover Indonesia, Indonesia Cat Association (ICA), Nusantara Polo Club, Perkumpulan Pemerhati Musang Indonesia (PEPMI), Perhimpunan Ikan Hias Indonesia (PIHI), dan Tarantula Keepers Indonesia.
Stan-stan ini memamerkan sejumlah hewan, seperti anjing, burung, ikan, kadal, kelinci, kucing, kuda, musang, sugar glider, dan ular.
Hewan peliharaan Anda juga diperbolehkan masuk ke pameran ini. Tersedia toilet untuk hewan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Selain itu, pihak panitia menyediakan petugas yang mendampingi hewan buang hajat atau poop helper serta petugas pelerai hewan yang berkelahi atau kennel boy.
”Saya senang datang ke pameran seperti ini, apalagi ke adoption booth. Penting untuk kampanye tentang hewan telantar supaya semakin banyak yang sadar untuk menolong,” ujar Erika, pengunjung di stan Rumah Shambala. Erika memiliki 27 anjing hasil adopsi di rumahnya.
Terdapat beberapa program menarik yang ditawarkan beberapa stan. Keni, Sekretaris APCB, mengatakan, komunitas mereka mengikuti acara ini untuk mengedukasi masyarakat mengenai burung curok bali yang jumlahnya tinggal sedikit. Mereka ingin agar masyarakat turut membantu mengembangkan curok dengan cara peminjaman pemeliharaan dan pengembangbiakkan secara bersyarat.
Sementara itu, Edmund, CEO Pet.id, menawarkan program asuransi dengan nama Simasnet Pet Insurance bagi pemilik hewan untuk kematian, kehilangan, dan kecelakaan. Asuransi ini bekerja sama dengan Bank Sinarmas.
Makluk hidup
Coorporate Communication PT Mavic Media Indonesia Ika Angelia R Silalahi menyatakan, lewat pameran ini masyarakat dapat disadarkan bahwa hewan peliharaan adalah makhluk hidup, bukan benda.
”Mereka tidak hanya membutuhkan makanan, tetapi juga kasih sayang dan kesejahteraan. Mereka sebaiknya diperlakukan layaknya anggota keluarga karena mempunyai emotional need,” kata Ika.
Indo Pets Expo 2017 adalah acara tahunan yang merupakan kelanjutan dari dua pameran yang diadakan pada tahun-tahun sebelumnya. Tema yang diusung tahun ini adalah ”Promoting Responsible Care for Your Pet’s Welfare”.
Pameran ini bertujuan agar partisipan tidak semata memasarkan produk kepada pengunjung, tetapi juga memberikan edukasi tentang cara pemeliharaan dan penanganan hewan yang tepat.
”Banyak komunitas hewan peliharaan, apalagi hewan peliharaan yang eksotik, yang ikut. Mereka disarankan untuk membagi pengetahuan, seperti tentang cara memegang hewan yang benar,” ujar Ika.
Sejumlah stan juga mengadakan seminar yang membahas berbagai topik, seperti tentang konservasi satwa liar, kesehatan hewan, dan pemeliharaan hewan.
Untuk masuk ke area pameran, pengunjung dewasa dikenai biaya Rp 30.000, sedangkan pelajar Rp 20.000. Anak-anak di bawah 4 tahun bebas biaya. Hewan peliharaan yang dibawa tidak dikenai bea.
Hari Sabtu dan Minggu ini, pameran dibuka pukul 08.00 hingga 21.00.
Di area pameran tersedia lokasi khusus tempat bermain anak, tempat beristirahat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi, area pengisian daya untuk gawai, dan stan makanan bagi pengunjung.
Jumlah pengunjung pameran meningkat setiap tahunnya. Pada Indo Pet Expo 2015, jumlah pengunjung dalam tiga hari mencapai 15.000 orang dan 27.000 orang pada tahun berikutnya. Adapun target jumlah pengunjung tahun ini adalah 40.000 orang.