logo Kompas.id
UtamaAnak dan Remaja Korban Utama...
Iklan

Anak dan Remaja Korban Utama Iklan Rokok di Televisi

Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) dikritik karena ingin mempertahankan iklan rokok di televisi meski ada pembatasan.

Oleh
Aloysius Budi Kurniawan
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/DgsAGiWJ8PqRs3gncWHBGMptvxA=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/http%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F02%2F420672_getattachmenta959c2de-b919-42cd-81e6-15ac7b93116a412059.jpg
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pelajar berpartisipasi dalam aksi #TolakJadiTarget iklan rokok di kawasan Silang Monas, Jakarta, 25Februari 2017. Aksi yang diikuti pelajar dari 20 sekolah tersebut merupakan bentuk penolakan pelajar dijadikan target pemasaran iklan rokok.

JAKARTA, KOMPAS — Koalisi Nasional Reformasi Penyiaran atau KNRP mengkritik sikap Asosiasi Televisi Swasta Indonesia yang ingin mempertahankan keberadaan iklan rokok. Dengan sikap ini, ATVSI dinilai tidak memiliki visi perlindungan publik, terutama anak dan remaja yang selama ini menjadi sasaran utama iklan, promosi, dan sponsor rokok.

KNRP menilai iklan dan promosi rokok dalam bentuk apa pun mestinya tidak lagi diizinkan dalam penyiaran. Sikap KNRP ini ditegaskan dalam konteks perlindungan anak dan remaja, apalagi rokok dalam Undang-Undang Kesehatan dinyatakan sebagai zat adiktif.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000