Bisnis Stiker Line Sukses Menjaring 720.000 Kreator
Oleh
Caecilia Mediana
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Bisnis stiker digital milik Line Corporation sukses menjaring kreator dari seluruh dunia. Saat ini, Line Corporation mencatat terdapat 720.000 kreator dengan lebih dari 400.000 set karya stiker digital. Stiker digital itu berupa gambar atau foto yang bisa disisipkan dalam percakapan pengguna Line.
Line mempunyai beberapa tokoh original yang dibuat jadi stiker digital, misalnya Brown (beruang) dan Conny (kelinci).
Business Developer Manager Line Corporation Wilayah Indonesia Inez Yorisya dalam siaran pers, Selasa (16/5), di Jakarta, menjelaskan, 720.000 kreator telah mengantongi nilai penjualan 47,9 miliar yen. Sepuluh kreator populer bahkan sudah memperoleh hasil penjualan rata-rata 530 juta yen.
Sejak tiga tahun lalu, Line mempunyai program Line Creator’s Market yang menjadi wadah khusus kreator menampilkan stiker digital buatannya. Program ini juga hadir di Indonesia.
Untuk pasar Indonesia, lanjut Inez, Line meluncurkan fitur Line Sticker Sachet dalam program Line Creator’s Market. Fitur yang diluncurkan sejak Februari 2017 ini telah mempunyai 50 set stiker dengan penawaran harga lebih murah.
Selain merilis Sticker Sachet, Line Indonesia juga memberlakukan fitur auto-suggestion untuk stiker-stiker buatan kreator lokal agar memudahkan pengguna memilih stiker dalam percakapannya di Line. Secara global, Line berencana membuat aplikasi khusus Line Creator’s Market. Tujuannya adalah mempermudah kreator registrasi, menggambar, hingga meluncurkan stiker.
”Jadi, kreator tidak perlu lagi menggunakan komputer dalam olah gambar. Kami berencana meluncurkan aplikasi tersebut akhir semester I tahun ini,” ujar Inez.