Ada 1,28 Miliar Pengguna Mengakses Facebook Setiap Hari
Oleh
A Tomy Trinugroho
·2 menit baca
Pekan lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan pencapaian perusahaannya pada triwulan pertama (Januari-Maret) tahun 2017. Dalam laporan itu, Zuckerberg antara lain menjelaskan bahwa pada Maret 2017, rata-rata ada 1,28 miliar pengguna yang mengakses Facebook setiap hari (daily active users).
Daily active users (DAUs) tidak menghitung akses kedua kalinya, ketiga kalinya, dan seterusnya dari pengguna Facebook di hari yang sama. Jadi, DAUs murni menghitung pengakses Facebook yang berbeda.
Rata-rata jumlah pengakses harian yang hampir 1,3 miliar pengguna pada Maret 2017 itu merupakan peningkatan 18 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Jadi, jika Anda pada Maret lalu hampir setiap hari menyapa teman atau berkomentar di Facebook, Anda termasuk orang yang telah membuat situs media sosial tersebut mengalami peningkatan jumlah DAUs.
Adapun selama Maret 2017 tercatat ada 1,94 miliar pengguna atau monthly active users (MAUs). Jumlah ini juga meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatannya mencapai 17 persen.
Mirip dengan DAUs, angka MAUs juga hanya menghitung pengakses Facebook yang berbeda. Perbedaannya, rentang waktu penghitungan MAUs dilakukan selama satu bulan, sedangkan rentang penghitungan DAUs dilakukan harian lalu, lalu dijumlahkan selama satu bulan dan dihitung rata-ratanya.
"Kami mengawali tahun ini dengan triwulan yang positif. Komunitas kami terus tumbuh. Kini ada lebih dari 1,9 miliar orang yang memakai Facebook setiap bulan, dan hampir 1,3 miliar orang memakai Facebook setiap harinya," kata Zuckerberg, Kamis pekan lalu, di Menlo Park, California, Amerika Serikat, seperti dikutip dalam investor.fb.com.
Penghasilan dari iklan
Penghasilan Facebook dari iklan juga meningkat. Total pendapatan mereka pada kuartal pertama 2017 ialah 8,03 miliar dollar Amerika Serikat (Rp 107 triliun). Jumlah ini merupakan peningkatan 49 persen dari periode yang sama tahun lalu.
Khusus pendapatan dari iklan, Facebook memperoleh penghasilan 7,86 miliar dollar AS (Rp 104,7 triliun) selama kuartal pertama 2017. Jumlah ini meningkat 51 persen ketimbang periode serupa pada 2016. "Bisnis iklan kami berjalan dengan bagus," kata Zuckerberg.
Pada kuartal pertama 2017, Facebook mencatat keuntungan 3,06 miliar dollar AS (Rp 40,8 triliun). Nilai ini merupakan kenaikan 76 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.