Konten edukasi berseliweran di media sosial. Penyanyi Mikha Tambayong suka ”scrolling” media sosial untuk mencari konten edukasi yang sesuai minat dirinya, dari bahasa, musik, hingga memasak.
Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
·2 menit baca
Penyanyi dan aktris Mikha Tambayong (28) suka scrolling media sosial. Kebiasaannya memantau media sosial ini bukan untuk iseng, melainkan untuk melihat beragam konten edukasi yang sesuai minat atau passion dirinya.
Mikha pun mulai aktif sebagai pencipta konten di media sosial sehingga dia didapuk TikTok menjadi duta kampanye #SerunyaBelajar, kolaborasi bersama Kemendikbudristek, yang diluncurkan di Jakarta, Senin (24/10/2022). Tentu saja Mikha yang suka belajar banyak hal dengan memanfaatkan kekayaan konten edukasi di media sosial ini menyambut baik dukungan bagi pencipta konten edukasi di Indonesia untuk terus berkreasi, salah satunya dengan adanya kompetisi dan pelatihan.
Dari yang cuma rajin scrolling, kini Mikha juga rajin membuat konten edukasi di platform media sosial. Menurut dia, belajar dari media sosial itu menyenangkan dan seru sehingga mudah diingat.
”Aku suka belajar bahasa dan kagum sama contentcreator saat buka TikTok. Aku suka liat creator memberi informasi cara belajar bahasa Inggris dan belajar grammar dengan mudah. Aku ingat dulu pas SD enggak bisa ngomong bahasa Inggris, mesti belajar pakai buku. Pas lihat di TikTok formulanya sederhana dan seru banget, jadi mudah. Belajar jadi efisien. Salut deh dengan content creator yang kreatif. Ini bisa menginspirasi generasi scrolling kayak aku,” kata Mikha yang singel terbarunya berjudul ”Menepi Menetap”.
Meksipun sudah menjadi penyanyi profesional, ujar Mikha, dia masih belajar tentang teknik vokal. Saat pandemi, Mikha juga belajar masak dari media sosial.
”Aku juga lagi belajar tentang produksi untuk musikku sendiri. Aku belajar dari media sosial dari orang Indonesia. Keren deh sekarang banyak konten untuk bisa belajar dari media sosial,” kata Mikha.
Mikha menyadari dirinya sebagai figur publik punya tanggung jawab untuk mengisi media sosialnya dengan konten yang bermanfaat. Dia suka membaca komentar dari pengikutnya untuk mendapatkan masukan soal konten yang sesuai dirinya. Alhasil, didapat bahwa nomor satu orang-orang tertarik untuk tahu tentang kegiatan olahraga dan makan. Lalu, buku-buku yang dia baca.
”Daripada sekadar scrolling, kita juga bisa ikut berpartisipasi #SerunyaBelajar. Be otentik saja dengan apa yang disuka. Aku suka nyanyi, aku mau berbagi. Hitung-hitung menyalurkan hobi sambil dilihat banyak orang, juga sebagai kontribusi perkembangan pendidikan di Indonesia, kata Mikha.