logo Kompas.id
Kajian DataPemberdayaan Media Sosial demi...
Iklan

Pemberdayaan Media Sosial demi Menopang Jurnalisme Digital

Di era teknologi digital, perusahaan media dituntut total mendekatkan diri pada audiens melalui kanal-kanal media sosial. Bila perlu, jurnalis harus bekerja layaknya seorang “influencer”.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
· 6 menit baca
Pembaca mengakses berita digital berupa e-paper Kompas dari layanan berita berbayar kompas.id. Audiens dapat mengakses berita dimana saja dan kapan saja dengan adanya berita digital (8/11/2021)
KOMPAS/YOHANES ADVENT KRISDAMARJATI

Pembaca mengakses berita digital berupa e-paper Kompas dari layanan berita berbayar kompas.id. Audiens dapat mengakses berita dimana saja dan kapan saja dengan adanya berita digital (8/11/2021)

Dinamika jurnalistik di era digital semakin erat pertaliannya dengan platform media sosial. Melalui media sosial, seorang jurnalis bisa memperoleh informasi sekaligus menjaring audiens. Perkembangan teknologi digital dan kecerdasan buatan memberikan ruang bagi jurnalis untuk bekerja selayaknya seorang pemengaruh atau influencer.

Reuters Institute dalam laporan ”Journalism, Media, and Technology Trends and Predictions” (2022) mengemukakan tentang pergeseran kerja jurnalistik di dunia digital. Perubahan yang dimaksud terjadi pada lingkup individu hingga institusi perusahaan media. Supaya dapat tetap eksis, perusahaan media harus segera beradaptasi terhadap perubahan teknologi dan tuntutan audiens yang semakin kompleks.

Editor:
ANDREAS YOGA PRASETYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000