Pada semester I-2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebanyak 11.968 unit.
Oleh
MUHAMMAD FAJAR MARTA
·3 menit baca
JAKARTA – Kualitas layanan purna jual Astra Isuzu kepada konsumen mendorong peningkatan penjualan mobil Isuzu. Penguatan layanan purna jual membuat banyak konsumen melakukan pembelian ulang mobil Isuzu.
Hal itu disampaikan Customer and Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa dalam keterangan resmi akhir pekan lalu.
Heri Wasesa memaparkan, beberapa tahun ini, penjualan Isuzu terus meningkat. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, sepanjang 2021, penjualan Isuzu naik 52 persen dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit. Lalu, semester 1 - 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebanyak 11.968 unit.
“Untuk segmen kendaraan komersial, layanan after sales menjadi pertimbangan besar bagi konsumen memilih kendaraan. Mereka tidak ingin armada operasionalnya terganggu,” ujar Heri.
Sejumlah program diberikan mengacu pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Diakui, tiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Hal itulah yang membuat Astra Isuzu terus menggali apa kebutuhan tiap konsumen, sehingga terus melakukan pendekatan intensif ke para pelaku usaha. Secara umum, para konsumen ingin produktivitasnya tinggi. Artinya, ketersediaan unit kendaraan harus tinggi, mobil tidak boleh mogok.
Program yang berhasil diterapkan Astra Isuzu di perusahaan logistik dalam beberapa tahun ini, kini diterapkan ke bidang migas, pertambangan, dan perkebunan. Baik itu kesiapan layanan darurat 24 jam, program fleksibilitas service seperti mechanic on site atau pun part on site yang dapat mendukung operasional bisnis pelanggan langsung di lokasi kerja.
Dikatakan, Isuzu Command Center bisa memenuhi kebutuhan konsumen selama 24 jam dalam 7 hari seminggu ke seluruh wilayah Nusantara. Di manapun kendaraan konsumen bermasalah, bisa ditangani. Sehingga dalam tiga tahun belakangan ini, repeat order pembelian kendaraan Isuzu di segmen logistik meningkat luar biasa.
“Malah, mekanik kami tidak hanya mengcover unit-unit Isuzu saja, tetapi juga merek lain. Pola ini sekarang ditiru kompetitor. Artinya, kalau sudah ditiru, kami menganggap layanan kami sangat bagus untuk industri ini,” kata Heri.
Kepuasan terhadap layanan after sales juga diakui sejumlah konsumen. Seperti diakui Hendri, manager Purchasing PT Bara Permata Mining. “Produk Isuzu bagus. Tetapi yang menjadi keunggulan utama adalah layanan after salesnya, seperti kemudahan mendapatkan spare part dan dukungan mekaniknya. Layanan after sales Astra Isuzu sangat mendukung operasional kami di tambang, ada mekanik untuk maintenance di lokasi site kami di Sungai Lilin (Palembang),” tutur Hendri.
Hal senada dikatakan Arnis Diandra, Direktur PT Bukit Nusa Internusa. Perusahaannya memasok kendaraan untuk perusahaan perkebunan. Selama ini, pihaknya tidak menemui kendala dengan mobil Isuzu. Apalagi, kesiapan mekanik Astra Isuzu sangat membantu performa operasional kendaraan. Perusahaannya kini memiliki 50 unit Isuzu dan akan menambah 20 unit mobil Isuzu D-Max terbaru.